Rabu, 28 November 2012

"kepanasan" di musim panas




Gimana rasanya kepanasan di saat summer ? 

Jujur saya pribadi akui, lebih enak jalan kaki siang-siang bolong di korea ketimbang di indonesia. Simplenya sih, karena saya gag ngalamin keringetan parah. Saya tipikal orang yang gampang banget buat keringetan. Gerak dikit aja, bisa langsung basah. Tapi ketika di korea, saya gag mengalamin yang kayak gitu tuh. Kalaupun keringetan, paling karena emang udah kecapean jalan.


Hanya saja  hawa “panas”nya beda banget sama panasnya di indonesia. Karena memang bukan negara tropis dengan tingkat kelembapan yang tinggi, saya hanya merasakan “gerah yang gag tuntas”. Yang pasti, selama di sana, pasokan kebutuhan minum saya meningkat dratis. Saya udah kayak unta, dikit-dikit minum.Parahnya kebanyakan di mini market di seoul maupun incheon, air mineral yang didisplay kebanyakan yang dingin. Air mineral yang gag dingin hanya dapat ditemukan di supermarket yang lebih besar. Jadilah selama seminggu pertama, saya ngalamin “kehilangan suara” gara-gara kebanyakan minum air es di siang-siang bolong. Saya pernah nanya air mineral yang gag dingin ke petugas yang jaga di mini marketnya, mereka malah bingung dan bilang gag ada yang gag dingin. Mungkin aneh aja kali ya, dicuaca yang super panas gitu (bagi mereka), ada yang malah gag doyan sama air dingin nan segar. Tapi kebiasaan minum saya ini berlanjut hingga sekarang saya sudah ada di indonesia. Kalau dulu, bisa dihitung dengan jari jumlah gelas air minum saya. Saya gag doyan minum air yang gag berwarna intinya. Kecuali kalau udah perlu-perlu banget. Dan thanks God, summer korea berhasil “meruntuh”kan kebiasaan jelek saya itu.


Saat summer, jangan heran kalau sering nemuin mahasiswa-mahasiswa yang pake celana pendek di kampus dan ruang kuliah. Di kelas sayapun_ketika kuliah di inha university_incheon_teman-teman saya yang asli korea kebanyakan pake celana pendek dan baju gag berlengan. Alasannya simple, gerah. Wah kebayang kalau di indonesia, kalau gag mikirin kultur kita banget, bisa dipastikan hampir tiap hari teman-teman saya ini bakal pake baju seadanya ke kampus. Tshirt dan celana pendek, dan plus...sepatu sport !. Entah karena sedang trend atau apa, saat summer, hampir kebanyakan, mahasiswa-mahasiswanya pake sepatu olahraga. Karena ini juga, selama di sana, saya merasa jadi orang yang gag kalah gaya. Soalnya berpakaian “casual” memang gaya andalan saya.,wkwkwk..


Di sisi lain, saya sering kepikiran, tengah siang-siang gini mereka apa gag takut gosong ya. Karena udah genetiknya mereka berkulit putih, jawaban logis lain yang bisa menjawab hal ini tidak lain dan tidak bukan karena negara mereka punya 4 musim. Logika sederhana alya : pas musim panas mereka “ dijemur” habis-habisan, dan barulah pada saat musim dingin mereka “didinginkan”. Jadilah mereka bisa kembali putih setelah ngetan-in kulit selama dua bulan lebih. Kalau kayak gini, kadang saya sering ngerasa iri sama proses “regenerasi alamiah” kulit mereka. Beda banget sama kondisi di indonesia, naek motor siang-siang pun kita mesti rela “sumuk-sumukan” ditengah cuaca panas. Jaket, masker, sarung tangan, kaos kaki..(berasa winter di indonesia -_-). Tapi di sisi lain, dari kisah-kisah yang saya baca, orang-orang dengan 4 musim itu kerap iri dengan matahari yang melimpah ruah di negeri kita. Hal ini nunjukkin kalau dimanapun kita berada, selalu bersyukur sama negeri kita. Kayak testimoni saya ketika udah di tanah air : “keluar negeri bukan berarti gag cinta sama negeri sendiri. Justru bisa jadi jauh lebih cinta dibanding ketika di negara sendiri. Karena ap ? kejadian-kejadian “kangen” negeri sendiri sering banget saya alami di ana.Dan kekangenan yang pasti bakal dialamin setiap orang yang lagi di luar negeri adalah : kangen makanan indonesia”. Berani taruhan ? :P

0 komentar on ""kepanasan" di musim panas "

 

aku punya blog !!! Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez