Selasa, 27 September 2011

Tata Kota Seoul : Sungai Cheonggyecheon





Rekonstrukturisasi dan Naturalisasi Bantaran Sungai Cheonggyecheon


Keberadaan sungai cheonggyecheon di kota seoul pada awalnya tidak sebagus dan tertata seperti sekarang.Merupakan kawasan kumuh yang rawan kejahatan,berdiri di bawah bangunan jalan tol.Namun sejak pergantian walikota,dilakukanlah rekonstrukturisasi fisik kawasan bantaran sungai ini.Awalnya rencana ini sempat dikritik oleh kaum urban yang merasa tertanggu dengan dirobohkannya jalan tol tempat mereka bernaung,bahkan sebagai kalangan developer juga menilai proyek ini akan bernilai sia-sia.namun berkat ketegasan dan keyakinan,akhirnya dewasa ini kita bisa menjumpai kondisi sungai yang merupakan kebanggan masyarakat korea selatan ini dalam keadaan asri dan tertata,mengusung konsep ekologis yang harmonis dengan alam sekitar.Di kiri kanan bantaran sungai,disediakan areal luas bagi pejalan kaki,serta untuk menambah daya tarik wisatawan,sungai yang dalam bahasa latin berarti sungai terbuka ini juga diperbagus dengan adanya pertunjukkan teatrikal pop-art.
Upaya naturalisasi sungai cheonggyecheon ini patut dijadikan proyek percontohan bagi negara kita yang notabene memiliki banyak sungai hampir di setiap kota.Ambil sampel saja sungai/kali ciliwung,yang jika diperlakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan pemerintah setempat korea pada sungai cheonggyecheon ini,tentu daya tarik kota jakarta tidak hanya sebatas pada monumen monas,ancol,ataupun arena wahana bermain yang dinilai kurang greget keunikan jika dijadikan trademark kawasan.

1 komentar on "Tata Kota Seoul : Sungai Cheonggyecheon"

mr.narotama on 5 Januari 2012 pukul 16.41 mengatakan...

hai, kamu masih mahasiswa pa dah lulus? di jogja ya? aku juga lagi tertarik sm bantaran sungai. pengin ngembangin deket rumahku, ada tanah sdikit punya bapak buat pilot project.

 

aku punya blog !!! Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | All Image Presented by Tadpole's Notez